Sabtu, 31 Maret 2012

Fiqih Ketentuan Salat Fardu 1

Ketentuan Salat Fardu
Setiap muslim wajib melaksanakan salat fardu.Dalam sehari semalam setiap muslim melakasanakan salat lima waktu, Salat terdiri atas gerakan dan bacaan,Salat merupakan ibadah langsung kepada Alloh.pelaksanaan salat telah dicontohkan Oleh Rasulullah, ketentuan salat ada dalam Al-Qur'an dan sunnah.tata salat telah ditentukan rukun dan syaratnya. Adapun ketentuan salat di antaranya, syarat wajib, syarat sah salat,rukun salat. sunah salat.

Syarat Wajib Salat
Ketentuan salat salah satunya syarat wajib salat,syarat wajib salat adalah sesuatu yang apabila telah terpenuhi,menyebabkan seseorang wajib salat. Bagi seseorang yang telah memenuhi syarat wajib maka ia wajib melaksanakan salat.dan apabila meninggalkan salat ia berdosa.

Syarat Wajib Salat. Muslim (Beragama Islam) Muslim adalah seseorang yang  telah mengikrarkan dua kalimah syahadat, setiap muslim wajib melaksanakan    salat, Orang yang bukan  islam tidak di wajibkan salat. Balig (Dewasa)    Muslim yang sudah balig  wajib melaksanakan salat,  orang yang balig sudah dapat membedakan yang baik -    dan yang buruk, Balig adalah orang yang sudah mencapai umur. Bagi anak laki-laki jika sudah berusia15 thn    dan perempuan jika sudah berusia 9 tahun atau telah haid Tidak sedang haid    dan nifas bagi perempuan, perempuan yang sedang haid atau nifas haram melaksanakan    salat, melaksanakan salat pada waktu haid atau nifas doa. Berakal Sehat.    Orang yang berakal sehat tidak  hilang ingatan, mereka  tidak dalam keadaan gila,mabuk,dan pingsan. Orang     yang tidak berakal sehat tidak diwajibkan salat.

1 komentar: